5 Jenis Telur Hewan Paling Mengesankan

5 Jenis Telur Hewan Paling Mengesankan – Telur-telur yang akan Anda lihat berikut ini tidak sama dengan yang biasa kita makan saat sarapan. Mau lihat apa uniknya?

#1 Telur Hiu

Hiu dianggap sebagai predator paling ganas di bawah air, sebab, hanya dengan setetes darah saja bisa membuat insting hewan liarnya bangkit, seketika selera makannya naik, dan memicu agresivitasnya untuk menyerang dan melahap mangsa.

Namun, siapa sangka hiu memiliki keunikan tersendiri. Sebab, sistem reproduksi hiu bukan hanya satu. Misalnya ovipar saja atau vivipar saja atau ovovivipar saja. Tapi ketiganya.

Telur hiu disebut juga mermaid purses. Yang Anda lihat pada gambar di atas, itu adalah telur dari hiu Port Jackson dan hiu bertanduk.

Seperti ikan di bawah air lainnya, hiu bertelur di dalam air kemudian meninggalkannya. Telur itu akan menetas jika tidak dimakan oleh hewan predator lain, sebab tidak akan dijaga oleh sang induk.

Ada beberapa bentuk lain dari telur hiu, seperti hiu dogfish dan hiu dogfish bertutul. Ganti nama bentuk telurnya sudah beda pokoknya J

#2 Telur Gurita

Tahukah Anda bahwa gurita mengerami telurnya selama kurang lebih 4 ½ tahun? Wow! Bahkan, ia tidak pergi kemanapun, meski untuk mencari makan sekalipun. Ia tetap tinggal di sarangnya untuk menjaga calon anaknya itu. Sungguh mengharukan bukan?

Tekstur telur gurita sangat halus, juga tembus pandang, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Induk gurita meletakkan banyak telur—ratusan ribu bahkan—pada karang di dasar laut.

Mereka akan terus menunggu dan menjaga telur-telur itu sampai menetas. Ketika mereka kelaparan, untuk bertahan hidup,  beberapa diantaranya memakan lengan mereka sendiri.

Si gurita kecil akan memakan plankton dan hewan kecil lainnya setelah menetas, sampai mereka tumbuh menjadi gurita dewasa.

#3 Telur Porifera, sponge atau bunga karang

Kalau ingat sponge pasti ingat juga spongebob ya. Nah, si spongebob termasuk dalam porifera. Jadi bagaimana mereka bereproduksi?

Perlu Anda ketahui, bahwa mereka tidak memiliki individu jantan atau betina. Jika dua indovidu melepaskan sperma dan sel telur dalam air, maka akan terbentuk telur.

Ada juga yang bereproduksi secara aseksual, atau tanpa alat reproduksi jantan dan betina. Hanya dengan saling melepaskan sel-sel mereka, akan tumbuh satu individu baru, tak perlu proses pembuahan.

Contohnya adalah beberapa spresies ubur-ubur dan bunga karang. Coba saja, potong sponge hidup menjadi beberapa bagian. Mereka akan tetap hidup sebab sudah tumbuh menjadi individu baru. Unik sekali ya J

#4 Telur ikan badut

Dalam komunitas ikan badut, terdapat pengaturan hierarki yang ketat. Pada awal perkembangannya, ikan badut berkelamin jantan.

Kemudian, ketika sudah dewasa, ikan badut terbesar akan menjadi betina. Hal ini terjadi secara otomatis, jadi jangan dibayangkan mereka berkumpul kemudian mengukur besar badannya masing-masing ya 😀

Bagaimana jika si betina mati? Maka jantan lainnya yang tersisa akan naik level pada hierarki.

Untuk perkembangbiakannya, dilakukan secara eksternal. Ikan yang biasa disebut juga sebagai anemonfish ini bisa meletakkan ribuan telur, tergantung besarnya induk.

Yang bertugas menjaga sampai telur menetas adalah si jantan. Begitu pula yang bertugas mengasuh anak-anaknya kelak. Oleh karena itu, mungkin dalam serial Nemo, yang ada adalah ayahnya, bukan ibunya hehe 😀

#5 Telur Monotreme

Diperkirakan, Monotreme telah berevolusi dan menjadi mamalia modern seperti yang sering kita lihat sekarang. Itu artinya, Monotreme merupakan nenek moyang mamalia.

Monotreme yang masih ada sekarang adalah platypus dan echidnas. Mereka merupakan mamalia berdarah panas. Uniknya, tidak seperti mamalia lainnya, mereka bertelur. Saat telur Monotreme berada di tubuh induknya, induknya hanya memasok sedikit nutrisi dari tubuhnya.

Telur Monotreme berbentuk bola lonjong dan hanya sebesar koin. Mereka diletakkan dalam jumlah sedikit di liang induknya, dan dirawat dengan teliti sampai 4 atau 6 bulan, barulah mereka menetas.

Monotremes memang menghasilkan susu untuk konsumsi telur yang baru menetas, namun mereka tidak memiliki puting susu. Jadi mereka hanya berkeringat susu.

Mana yang paling unik menurut Anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi terupdate © 2017 Ilmu Bisnis