5 Kota Paling Macet Di Indonesia

5 Kota Paling Macet Di Indonesia – Kementerian Perhubungan mendata sejumlah kota-kota besar di Indonesia dengan tingkat kemacetan tinggi.

Kemacetan ini sendiri diukur guna mencari kota-kota yang bisa diterapkan ERP (Electronic Pricing Road).

Kemacetan juga dihitung kementerian pekerjaan umum dengan cara membandingkan kapasitas jalan dengan jumlah kendaraan yang lewat (Volume/ Capacity Ratio: V/C Ratio).

Ukurannya dari angka mulai nol sampai dengan satu. Hasilnya, berikut ini 5 kota paling macet di Indonesia yang mencatatkan V/C ratio tertinggi.

Bogor

Siapa sangka ternyata Bogor justru mengalahkan kemacetan ibukota yang selama ini dikeluhkan hampir seluruh warga Jakarta.

Bogor justru mencatatkan V/C ratio 0,86. Untuk kecepatan rata-rata perjalanan di Bogor dalam kondisi macet masih mencapai 15,32 kilometer per jam.

Jakarta

Ibukota dari Indonesia ini memang sudah sangat populer dengan kemacetannya. Hampir setiap hari TV di Indonesia bahkan selalu menayangkan padatnya lalu lintas Jakarta.

Meskipun begitu V/C ratio macet di Jakarta hanya terpaut 0,01 poin dari Bogor yakni 0,85. Meskipun demikian, sayangnya kecepatan rata-rata perjalanan saat macet di Jakarta lebih lambat dengan hanya 10 – 20 kilometer per jam.

Bandung

Kembali lagi ke Jawa Barat, kota paling macet ketiga di Indonesia adalah Bandung.

Kota Kembang sama seperti Jakarta yang mencatatkan ratio V/C ratio 0,85. Namun masih berimbang dengan kecepatan rata-rata yang mampu mencapai 14,3 kilometer per jam.

Surabaya

Surabaya ternyata termasuk sebagai kota paling macet di Indonesia dengan V/C ratio 0,83.

Sementara di dalam segi kecepatan rata-rata kendaraan yang terjebak macet di Surabaya memang tergolong cepat jika dibandingkan dengan 3 kota macet lainnya yaitu 21 kilometer per jam.

Depok

Rasanya Jawa Barat memang memborong kategori kota paling macet di Indonesia dengan 4 kota besar dengan kemacetan ekstra sekaligus.

Setelah Bogor dan Bandung, Depok ternyata juga masuk ke dalam daftar kota paling macet dengan V/C ratio 0,83, menyamai Surabaya.

Namun kecepatan rata-rata Depok lebih cepat karena masih berada pada kisaran 21,4 kilometer per jam.

Baca Juga : 5 Jenis Telur Hewan Paling Mengesankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi terupdate © 2017 Ilmu Bisnis