5 Sumur Terbesar di Dunia

5 Sumur Terbesar di Dunia – Sebesar apa sumur di daerah Anda? Seberapa besar diameternya? Kalau tidak punya sumur, setidaknya Anda pasti sudah pernah melihat sumur bukan? Sumur atau telaga air biasanya digunakan masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhannya akan air bersih.

Namun, sumur-sumur yang akan saya bagikan dengan Anda ini, sangat berbeda dari sumur yang biasa kita lihat. Sebab, diameternya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan atau jutaan kali lebih besar dari sumur yang kita ketahui selama ini.

Selain itu, sumur-sumur berikut ini juga terbentuk dari proses yang memerlukan waktu yang tidak sedikit. Bahkan, sumur-sumur terbesar berikut ini juga lebih sering dikenal sebagai lubang besar bumi.

Sumur purba Zacaton

Zacaton sudah mengantongi gelar sebagai sumur terdalam di dunia. Bahkan, banyak penyelam yang beranggapan bahwa sumur ini tidak memiliki dasar. Tapi, tentu tidak demikian. Menurut perkiraan para peneliti, kedalaman Zacaton mencapai 335 meter, dengan ketinggian air mencapai 319 meter.

Zcaton terletak di timur laut Tamaulipas, Meksiko. 3 jenis mikroorganisme baru, teridentifikasi setelah dilakukan eksplorasi sampai ke bagian bawah sumur dengan menggunakan bantuan robot.

Belum ada orang yang mampu menyelaminya sampai ke dasar. Namun, Dr. Ann Krostovich berhasil menyelaminya dan memecahkan rekor untuk wanita dengan sampai di kedalaman 169 meter.

Sedangkan untuk pria, Jim Bowden berhasil melakukan penyelaman sampai kedalaman 282 meter, dan berhasil memecahkan rekor dunia juga. Namun sayangnya, rekannya harus meninggal dalam ekspedisi ini.

Sumur Chand Baori di India                                    

Sumur Chand Baori merupakan sumur yang paling terkenal di India dan terletak di desa dekat Abhaeri Jaipur, Rajastan, India.

Chand Baori sebenarnya adalah sebuah candi besar yang di dalamnya terdapat sumber mata air yang sangat jernih. Candi ini dibangun sekitar abad ke sembilan. Terdiri dari tingkat. Kedalamannya sekitar 100 kaki

Great blue hole di Belize

Great Blue Hole di Belize merupakan lubang pembuangan di lepas pantai Belize yang terletak kira-kira 60 mil dari kota Belize. Diameter sumur besar ini sekitar 305 meter dengan kedalaman sekitar 123 meter.

Kalau kita mengambil air dari sini, tak perlu khawatir akan kekeringan :D. Hanya saja, untuk mengambilnya perlu bertaruh nyawa^^

Sumur berlian di Kimberley

Sebenarnya, sumur yang memiliki kedalaman sampai 1097 meter ini merupakan bekas tambang berlian di Afrika Selatan. Dan lebih mengagumkannya lagi, lubang sebesar ini digali oleh tangan-tangan manusia secara manual!

Sebelum akhirnya ditutup pada tahun 1914, diperkirakan lubang tambang ini sudah berhasil mengeruk 3000 kg berlian.

Diavik Mine

Di Kanada, terdapat lubang besar dunia juga, yang disebut dengan nama Diavik Mine.

Sama seperti sumur berlian di Kimberley, Diavik Mine juga merupakan bekas tambang berlian yang terletak sekitar 300 km dari Yellowknife, Kanada. Diperkirakan, tambang ini mampu memproduksi 1750 kg berlian setiap tahunnya.

Baca Juga : Daftar 5 Gua Paling Panjang Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi terupdate © 2017 Frontier Theme