Alkohol, Pengobat Lalat Ketika Ditolak Pasangan

Alkohol, Pengobat Lalat Ketika Ditolak Pasangan – Pernahkah anda merasakan patah hati karena ditolak oleh seseorang yang anda cintai dan akhirnya melampiaskan rasa sakit dan kekecewaan dengan minuman beralkohol atau mabuk-mabukan? Tidak hanya manusia, lalat buah jika ditolak oleh pasangannya akan mencari alkohol.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan melalui jurnal Science mengungkapkan bahwasanya seekor lalat jantan yang ditolak betinanya akan cenderung mengonsumsi makanan yang memiliki alkohol dalam jumlah lebih banyak.

Demikian kesimpulan dari hasil penelitian Galit Shohat Ophir yang dilakukan bersama rekannya dari Hogward Hughes Medical Institute Virginia. Mereka melakukan penelitian di sebuah laboratorium di Ulrike Heberlein (Universitas California) di San Diego.

Di dalam penelitian tersebut, Ophir mengelompokkan lalat-lalat buah jantan ke dalam dua grup. Dari grup yang pertama diletakkannya dalam kotak penuh dengan lalat betina perawan yang sudah siap untuk dikawini. Sedangkan untuk grup yang kedua ditempatkannya dalam box berisi lalat yang sudah kawin, maka dari itu cenderung akan menolak ajakan untuk kawin.

Hasil penelitian yang didapatkan adalah grup pejantan yang ditolak akan memakan makanan dengan kandungan 15% alkohol, sementara untuk grup lainnya justru menghindari. Menurut Ophir dari hasil penelitian yang didapatnya, lalat buah akan memilih alkohol sebagai pemberi penghargaan atas diri lalat meskipun ia ditolak.

Munculnya perilaku tersebut dikendalikan senyawa di dalam otak yang dikenal dengan neuropeptida F (NPF). Berdasarkan hasil penelitian yang ada, lalat buah jantan yang mengalami kegagalan di dalam perkawinan (gagal kawin) memang memiliki level NPF lebih rendah.

Hal ini akan membuat otak lalat buah atau mungkin jenis hewan yang lainnya dan juga manusia yang ada di muka bumi ini memiliki sistem kontrol guna memberikan penghargaan secara internal. Bahwa ketika penghargaan internal tersebut turun akan diikuti juga dengan perilaku yang mengembalikan penghargaan tersebut.

Senyawa yang menyerupai NPF sebenarnya juga dapat ditemukan pada manusia yang biasa dikenal dengan Neuropeptida Y. Akan tetapi efek zat tersebut pada perilaku manusia memang belum dapat dijelaskan secara gamblang.

Baca Juga : Berbagai Teknik Ciuman Nikmat dari Kitab Tiongkok Kuno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi terupdate © 2017 Ilmu Bisnis